Cara Gampang Install Game dan Aplikasi Java pilihan di Ponsel Cina
A. Install Game dan Aplikasi Java
Browsing Internet menggunakan Software bawaan HP Cina tampilan layar agak kurang nyaman, karena halaman website ditampilkan tanpa gambar oleh karena itu agar halaman bisa ditampilkan full tapi pulsa tetap murah bisa dipakai aplikasi Opera Mini Versi 3. Diperlukan 3 tahap seting yaitu Setting Ponsel, Copy Paste File dan Install Aplikasi.
1. Setting Ponsel 
Aplikasi Java yang tidak membutuhkan memory cukup besar untuk ukuran layar 240×320. untuk mengetahuinya bisa coba install aplikasi Java sendiri secara Trial and Error atau memilih Aplikasi Java yang sudah dicoba rekan 2 forum lain atau lebih gampang instal Aplikasi Java yg benar2 sudah saya coba berjalan dengan baik di  di List bagian akhir tulisan ini.
Sebelum diinstall Aplikasi / Game Java pastikan dulu bahwa ponsel sudah disetting :
-Waiting Screensaver idle. Waktu tunggu Screen saver tidak diaktifkan agar memory internal ponsel tidak berkurang saat menjalan aplikasi Java karena saat Screen Saver di ON kan maka memory internal akan berkurang dan tidak cukup menjalankan aplikasi Java dan Screen Saver secara bersamaan. Untuk mengubah Waiting Screensaver idle caranya sbb :
Menu – Setting – Phone Setup – Display characteristic – Screen Saver – Setting – Status pilih Display Time dan Waiting – Idle
-Durasi Backlight 30 detik. Agar ponsel saat loading aplikasi tetap nyala caranya sbb:
Menu – Setting – Phone Setup – Misc Setting – LCD Backlight – Time pilih 30
Nah sekarang setelah ponsel sudah disetting, ponsel siap untuk diinstall aplikasi Java seperti Game, browser Opera Mini , Alquran dll.
2. Copy Paste File
Untuk menginstall File aplikasi Java di  cukup mudah tanpa perlu install driver USB atau PC suite (Disini Firmware Ponsel Versi .1145 & PC OS Windows XP SP2) yaitu dengan Copy-Paste file ekstension jar ke card yang dilepas dari ponsel menggunakan Card reader atau jika tidak punya Card reader bisa dengan cara sbb:
1. Sambungkan USB kabel data  pada komputer, hidupkan ponsel dan sambungkan ujung port kabel data pada ponsel.
2. Ponsel akan akan langsung membuat pilihan 1. Mass Storage, 2. Webcam dan 3. COM Port pilih 1. Mass Storage. Ponsel akan shutdown mati sendiri dan menunjukkan indicator ponsel sedang di charge.
3. Di Komputer bagian kanan bawah akan terlihat Icon Hijau yaitu Safety Remove Hardware. Kemudian pada menu START klik kanan dan pilih explore akan muncul Removable Disk (F) yang menunjukkan bahwa ponsel berfungsi sebagai USB Flash atau Removable Disk.
4. Buat Folder baru pada Removable Disk (ponsel) misalnya Game Java. Kemudian copy File Aplikasi Java dari komputer yang berekstension jar misalnya quran.jar lalu Paste kan pada folder Game Java di ponsel . Jika File aplikasi Java masih berekstension rar. (quran.rar) maka file di buka dulu dengan program Winrar atau sejenisnya jika dikomputer belum ada Winrar install dulu. Jika File berekstension zip bisa langsung dibuka dengan Compressed zipped folder yg sudah ada di Win XP. Caranya klik kanan File dan pilih Open with Compressed zipped folder . Setelah muncul file ekstension jar Copy dan Paste ke folder Game Java. Copy -Paste File Aplikasi Java Selesai.
Note:
-Coba copy dulu satu atau dua file aplikasi Java yang hanya membutuhkan memory kecil seperti : quran.jar atau Game Tomcatdogfligh.jar untuk dinstall di ponsel. Setelah dicoba dan sukses dijalankan bisa mencoba file2 lainnya.
-Jangan lupa stop atau hentikan Safety Remove Hardware setelah Install Aplikasi selesai dengan mengklik kanan icon warna Hijau dibawah layar komputer yang biasanya muncul saat USB Flash ditancapkan di komputer. Klik kanan Icon dan pilih Stop. Hal ini harus dilakukan agar File di ponsel tidak rusak baru kemudian ponsel dilepas dari data kabel untuk Install Aplikasi Java di ponsel.
3. Install Aplikasi Java
Hidupkan ponsel dan jangan lupa cek setting Screensaver dan durasi Backlight ponsel seperti diatas . Untuk membuka dan memainkan aplikasi Java  caranya sbb:
  1. Buka MenuFile managerMemory cardOpen – Pilih folder Game Java yang dibuat di komputer tadi – Pilih File  – pilih Install – (akan muncul Start Installing) tunggu sampai selesai (4 detik) – Akan muncul tulisan Are you sure….. yang memastikan bahwa program ini akan diinstall pilih Yes – kemudian ponsel akan menunujukkan letak penyimpanan file ( Storage Select ) Memory card pilih OK tunggu (2 detik) akan muncul tulisan Will you want …. yang menyuruh kita membuka aplikasi Pilih Yes untuk membuka langsung aplikasi Java yang baru diinstal atau No – Back untuk install aplikasi Java lainnya.
  1. Setelah aplikasi Java semua diinstal buka aplikasi Java yang disediakan oleh ponsel yaitu MenuFun & Games Java- Pilih Quran atau Tomcatdogfligh klik Option – OK – Launch – OK APLIKASI JAVA SIAP DIMAINKAN.
 http://joymobile.wordpress.com/2010/07/05/cara-install-aplikasi-java-di-hp-cina/

0 komentar:

Posting Komentar