Sampah kertas bisa jadi baterai ponsel?

       Mungkin bagi kita sampah kertas tidak berguna dan bernilai rendah. Tapi, Sony berhasil mengubah sampah-sampah kertas ini yang digunakan untuk baterai / pengisi tenaga pada ponsel. 

       Bagaimana bisa sampah kertas menjadi pengisi tenaga ponsel? 

Dengan teknologi yang dikembangkan, akan mengubah sobekan kertas menjadi gula, lalu menjadi bahan bakar. Caranya, sobekan kertas dicampur dengan campuran air dan enzim lalu dikocok. Peralatan itu disambungkan dengan kipas kecil yang berputar beberapa menit kemudian. Enzim selulosa mengurai bahan kertas dan cairan tadi menjadi gula glukosa yang dikombinasi dengan oksigen dan enzim yang merubah bahan tadi menjadi elektron dan ion hidrogen. Nah, elektron inilah yang digunakan baterai untuk menghasilkan listrik. 

         Baterai ini ramah lingkungan tentunya, karena tidak menggunakan bahan kimia. Proyek milik Sony ini adalah lanjutan dari proyek jus buah untuk menghidupkan Walkman tahun 2007 lalu. Namun tidak hanya Sony yang pernah mengeksplor baterai dari sampah kertas ini. Tahun 2009, ilmuwan Stanford University juga mengajukan konsep yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar